"Refleksi History Semangat Pergerakan/Perjuangan Mahasiswa"

Sedikit mengulas salah satu materi 'Latihan Kepemimpinan 2' yang pernah saya ikuti.
Ini adalah sedikit hasil buah pikir saya dengan beberapa referensi yang saya dapati yang kemudian di ramu sedemikian rupa.  walau begitu singkat, namun semoga bermanfaat..

"Mahasiswa merupakan salah satu elemen penting dalam setiap episode panjang perjalanan bangsa ini. Hal itu tentu sangat beralasan mengingat bagaimana pentingnya peran mahasiswa yang selalu menjadi aktor perubahan dalam setiap momen-momen sejarah bangsa ini. Sejarah telah banyak mencatat, mulai dari munculnya kebangkitan nasional hingga tragedi 1998,mahasiswa selalu menjadi gardan terdepan. Beberapa  tahun belakangan ini telah banyak tercatat bahwa sudah beberapa kali mahasiswa menancapkan taji intelektualitasnya secara aplikatif dalam memajukan peradaban bangsa ini dari masa penjajahan belanda, masa penjajahan jepang, masa pemberontakan PKI,  masa order lama, hingga order baru, peran mahasiswa tidak pernah absen dalam catatan peristiwa penting tersebut.

Dalam sejarah peradaban bangsa Indonesia, ada beberapa catatan peristiwa yang layak kita pandang sebagai awal mula pergerakan mahasiswa di tanah air ini. Sejarah mahasiswa serta sejarah kebangkitan pemuda tidak bisa di lepaskan dari kondisi internasional yang turut andil mempengaruhi perjuangan kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Menilik dari kondisi internasional, kondisi sejarah pasca Perang Dunia ke-ll yang di menangkan oleh blok sekutu mengalahkan blok poros (fasis) terjadi perang dingin(cool war), jika pada Perang Dunia l dan Perang Dunia II tumpuan utamanya adalah militer, maka perang dingin adalah perang ideologi (Kapitalis v.s Komunis), blok Kapital yang pada saat itu adalah adalah Amerika dan kaum Komunis adalah Unisoviet(Rusia).

Jika melihat dari kondisi Nasional menjelang kemerdekaan yang pada saat itu kaum pemudalah yang sedang berapi-api. Melihat dari kondisi itu lahirlah organisasi pemuda, yang pada saat itu di motori oleh Boedi Utomo(1908). Sumpah pemuda 1928 menegaskan posisi pemuda pada saat itu, dimana pada kongres pertama memantapkan untuk menghadirkan pemuda. Kongres kedua, hadirnya sumpah pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan."

~Romanoni Rangga Sukma Sun
Opini ini ku rangkai atas materi yang ku terima pada saat mengikuti LK 2 bersama teman-teman se-FT UNM waktu itu.
Semoga Bermanfaat 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Puisi]“Ruas Benak (Ber-Cinta)”

Tentang Cinta dan Orange Yang Bercerita

Cinta Kadang begitu (Sepertinya tidak selalunya begini)